Minggu, 30 Juni 2013

Curriculum Analysis



I.                   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Undang-Undang Republic Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republic Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Untuk memenuhi amanat Undang-Undang tersebut di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada khususnya, SMA Negeri 1 Sukawati sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Dalam dokumen ini dipaparkan tentang Kurikulum SMA Negeri 1 Sukawati yang secara keseluruhan mencakup :
1.      Struktur dan Muatan Kurikulum;
2.      Beban belajar peserta didik;
3.      Kalender Pendidikan;
4.      Silabus;
5.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP).
B.     Tujuan Pengembangan KTSP
Tujuan penegmbangan kurikulum SMA Negeri 1 Sukawati untuk menuju Sekolah Kategori Mandiri dan sekaligus berancang-ancang menuju Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.
C.     Landasan

1.      Undang-Undang No. 20 tahun 2003
2.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005
3.      Permendiknas Nomor 22 tahun 2006
4.      Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006
5.      Permendiknas No. 24 tahun 2006
6.      Permendiknas Nomor 41 tahun 2007
7.      Permendiknas Nomor 24 tahun 2007
8.      Permendiknas Nomor 19 tahun 2007
9.      Permendiknas Nomor 20 tahun 2007




D.    Acuan Operasional
Acuan Operasional yang digunakan sebagai pedoman penyusunan KTSP SMA Negeri 1 Sukawati adalah sebagai berikut :
1.      Peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia
2.      Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik
3.      Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
4.      Tuntutan pembangunan daerah dan nasional
5.      Tuntutan dunia kerja
6.      Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
7.      Agama
8.      Dinamika perkembangan global
9.      Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan
10.  Kondisi sosial budaya masyarakat setempat
11.  Kesetaraan gender
12.  Karakteristik satuan pendidikan
13.  Berdasarkan analisis konteks

E.     Prinsip Pengembangan Kurikulum

1.      Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2.      Beragam dan terpadu.
3.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan .
5.      Menyeluruh dan berkesinambungan.
6.      Belajar sepanjang hayat.
7.      Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah.







II.                TUJUAN PENDIDIKAN
A.    Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan Pendidikan Nsional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
B.     Tujuan Pendidikan Menengah
Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
C.     Visi dan Misi
1.      Visi SMA Negeri 1 Sukawati adalah unggul dalam prestasi dan disiplin, berwawasan global, berpijak pada budaya Bali dan Karakter Bangsa.
Indikatornya :
a.      Siswa yang taat menjalankan ajaran agama, bermoral dan berbudi pekerti luhur.
b.      Siswa yang setia dan taat pada bangsa dan Negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
c.       Siswa unggul dalam prestasi akademis dan non akademis.
d.      Siswa memiliki rasa kesetiakawanan dan kepedulian tinggi terhadap alam dan lingkungan.
e.      Siswa unggul dalam kreativitas seni budaya demi keajegan Bali.
f.        Siswa unggul dalam disiplin di sekolah, keluarga dan di masyarakat.
g.      Siswa memiliki rasa tanggung jawab, rasa berpartisipasi dan rasa memiliki terhadap almamater.

2.      Misi SMA Negeri 1 Sukawati
a.       Meningkatkan prestasi akademik lulusan
b.      Meningkatkan prestasi extra kurikuler peserta didik
c.       Meningkatkan kedisiplinan peserta didik
d.      Menumbuhkan minat baca peserta didik
e.       Meningkatkan wawasan global peserta didik
f.       Melaksanakan program trias UKS untuk meningkatkan kualitas kesehatan peserta didik
g.      Membentuk peserta didik berbudi pekerti luhur berbudaya Bali
h.      Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berbahasa inggris dan bahasa asing lainnya
i.        Meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap kelestarian lingkungan hidup
j.        Mengembangkan proses pembelajran yang kreatif, efektif, dan inovatif sesuai kurikulum dan kebutuhan SDM untuk kemajuan masyarakat.
k.      Menerapkan azas demokrasi baik dalam proses pembelajaran maupun manajemen sekolah.
l.        Menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa dalam penguasaan teknoligi informasi dan komunikasi.
m.    Meningkatkan jalina kerjasama sekolah dengan masyarakat lingkungan.
n.      Menumbuhkembangkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama.
o.      Menumbuhkembangkan  rasa cinta terhadap warisan seni budaya.
p.      Menumbuhkembangkan rasa kepedulian social dan menjaga kelestarian alam dan lingkungan.
q.      Menumbuhkembangkan rasa memiliki, rasa berpartisipasi dan rasa bertanggung jawab terhadap eksistensi almamater SMA Negeri 1 Sukawati.

D.    Tujuan Sekolah
Bertitik tolak dari visi dan misi serta factor pendukung, maka sampai tahun 2011 diharapkan tercapainya :
1.      Rata-rata nilai akhir ujian nasional
2.      Proporsi lulusan yang diterima di PTN favorit minimal 40% dari siswa yang mengikuti UMPTN.
3.      Dapat mengirimkan Karya Tulis Ilmiah setiap tahunnya.
4.      Mempunyai kelompok penggermar mata pelajaran MIPA, Astronomi, Ekonomi Akuntansi, Bahasa Inggris, dan Informatika.
5.      Memiliki tim olahraga yang handal.
6.      Memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada lomba di tingkat provinsi.
7.      Memiliki tim jurnalistik yang tetap siap bersaing di tingkat Provinsi.
8.      Hubungan harmonis antar warga sekolah dengan warga sekolah dengan masyarakat.
9.      Rasa hormat-menghormati antar sesame warga sekolah dan masyarakat.
10.  Disiplin terhadap tugas dan kewajiban oleh setiap warga sekolah.
11.  Terwujudnya nilai-nilai moral sesuai dengan kultur sekolah.
12.  Pada tahun 2011-2012, 25% lulusan mampu bercakap-cakap dalam Bahasa Jepang, Mandarin dan Prancis.
13.  Menciptakan kondisi sarana prasarana pembelajaran yang kondusif.
14.  Terwujudnya kelas rintisan Sekolah Kategori Mandiri.
15.  Terwujudnya warga sekolah yang sehat.
16.  Terwujudnya warga sekolah yang peduli terhadap kelestarian lingkungan.
17.  Memilik tenaga pendidik yang berwawasan inovatif baik dalam pembelajran maupun pengembangan profesi sebagai bentuk peningkatan profesionalisme guru.

E.     Standar Kompetensi Lulusan
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di sekolah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP.
F.      Sasaran Program
Kepala sekolah dan para guru serta dengan persetujuan Komite Sekolah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Sasaran program dimaksud untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Sasaran program tersebut selanjutnya ditingaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah.
G.    Keadaan dan Potensi Sekolah
1.      Lingkungan Sekolah
SMA Negeri 1 Sukawati terletak di wilayah Bali pertengahan kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar tepatnya di jalan Lettu Wayan Sutha Sukawati. Letaknya sangat strategis dan merupakan Sekolah Menengah Atas nomor tiga yang dibangun di Kabupaten Gianyar
2.      Keadaan Sekolah
Sarana dan Prasarana
a.       Tanah dan halaman
b.      Gedung
c.       Tempat Ibadah
d.      Kantin
e.       Parker
f.       Lapangan Upacara/basket
3.      Anggaran Sekolah
Anggran sekolah berasal dari dana pemerintah (RUTIN, BOMM, BIS, dan lain-lainnya).
4.      Personil Sekolah
SMA Negeri 1 Sukawati telah didirikan sejak tahun 1987. Pimpinan sekolah yang bertugas dari 2011-sekarang adalah Drs. Gusti Made Puja Armaya, MM, M.Pd. jumlah personil sekolah ada sebanyak 99 orang, terdiri atas 71 orang tenaga pendidik dan 28 tenaga kependidikan.
5.      Keadaan Peserta Didik
a.       Jumlah peserta didik
Jumlah peserta didik pada tahun pelajaran 2011-2012 seluruhnya berjumlah 837 orang
b.      Keadaan tidak naik kelas, putus sekolah/drop out dan beasiswa
6.      Orang Tua Peserta Didik
Keadaan ekonomi peserta didik sangat bervariasi.
7.      Kerja Sama Sekolah
a.       Kerja sama dengan orang tua.
b.      Kerja sama dengan alumni.
8.      Prestasi Sekolah( bidang akademis dan nonakademis).
9.      Tata tertib sekolah
a.       Tata tertib siswa
b.      Tata tertib guru
c.       Tata tertib pegawai
d.      Tata tertib lab IPA, multimedia, perpustakaan dan UKS.

III.             STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A.    Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum SMA Negeri 1 Sukawati memuat kelompok mata pelajaran sebagai berikut :
1.      Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
2.      Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3.      Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
4.      Kelompok mata pelajaran estetika
5.      Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan

a.       Struktur Kurikulum Kelas XI
1.      Kurikulum kelas XI, terdiri atas :
a.       Untuk semua program terdapat 13 mata pelajaran.
b.      Bahasa asing untuk semua program adalah bahasa Prancis.
c.       Muatan local (Bahasa Daerah Bali dan Budi Pekerti)
d.      Program pengembangan diri( dikembangkan lewat ekstrakulikuler).
2.      Penambahan jam pembelajaran diatur sebagai berikut :
a.       Untuk semua program ditambah 2 jam pelajaran untuk muatan local, budi pekerti dan PLH monolitik.
b.      1 jam ditambahkan pada mata pelajaran Matematika, Geografi, Antropologi yang berdasarkan hasil analisis Standar Isi masing-masing mata pelajaran.
3.      Alokasi waktu satu jam pembelajran adalah 45 menit.
4.      Jumlah beban belajar kelas XI dalam satu semester adalah 42 jam pelajaran.


B.     Muatan Kurikulum
1.      Mata pelajaran, mata pelajaran terdiri dari mata pelajran wajib dan mata pelajaran pilihan.
Pembelajaran dilaksanakan dalam suasana yang efektif dan efisien. Metode pembelajaran diarahkan berpusat pada peserta didik. Pencapaian kompetensi secara kontekstual.
2.      Muatan Lokal, muatan local yang dipilih adalah Bahasa Daerah Bali.
3.      Kegiatan Pengembangan Diri( ekstrakulikuler)
4.      Pendidikan Kecakapan Hidup
5.      Beban Belajar ( 42 jam pelajaran)
6.      Ketuntasan Belajar
7.      Penjurusan ( IPA, IPS dan ILmu Bahasa)
8.      Kenaikan Kelas dan Kelulusan
9.      Penilaian ( assessment)
10.  Penerimaan Peserta Didik Baru
11.  Mutasi Siswa

IV.             KALENDER PENDIDIKAN
Kalender pendidikan disusun dan disesuaikan setiap tahun oleh sekolah untuk mengatur waktu kegiatan pembelajaran yang mengacu pada Standar Isi dan disesuaikan dnegan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, serta ketentuan dari pemerintah daerah.
A.    Permulaan Tahun Pelajaran
Permulaan tahun pembelajaran dimulai pada hari Senin minggu ketiga bulan Juli. Hari-hari pertama masuk sekolah berlangsung 3 hari dengan pengaturan:
a.       Kelas X melaksanakan MOS
b.      Kelas XI melaksanakan kegiatan penyelamatan lingkungan
c.       Kelas XII melaksanakan kegiatan penyelamatan lingkungan dan menerima sosialisasi PT.

B.     Waktu Belajar
Waktu belajar menggunakan system semester yang membagi 1 tahun pelajaran menjadi semester genap dan semester ganjil. Kegiatan pembelajaran intrakulikuler dilaksanakan selama 6 hari.
C.     Kegiatan tengah semester
a.       Kegiatan tengah semester 1 direncanakan selama 4 bulan (studi banding).
b.      Kegiatan tengah semester 2 diisi dengan kegiatan “ngayah” kerja bakti di pura-pura terdekat.
c.       Pelaksanaan kegiatan tengah semester sesuai dengan kalender pendidikan.
d.      Libur sekolah, penentuan hari libur memperhatikan ketentuan berikut :
-          Keputusan Menteri Pnedidikan Nasional, dan/ atau Gubernur Bali dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan.
-          Peraturan Pemerintah Pusat/Privinsi/Kabupaten dalam hal penetuan hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan.
D.    Rencana dan Jadwal Kegiatan
E.     Perkiraan Libur Umum Nasional dan Khusus Tahun Pelajaran 2011-2012
F.      Perhitungan hari belajar efektif dan hari libur tahun pelajaran 2011-2012
G.    Kalender Pendidikan SMA Negeri 1 Sukawati

V.                Penutup
A.    Simpulan
Kurikulum SMA Negeri 1 Sukawati disusun berdasarkan petunjuk yang ad dalam ketentuan BSNP. Semua yang terdapat pada dokumen kurikulum SMA Negeri 1 Sukawati merupakan potret rencana umum yang akan diwujudkan dalam satu tahun pelajaran, kemudian dievaluasi pada tahun pelajaran berikutnya. Evaluasi terhadap proses maupun hasil yang diperoleh merupakan fakta nyata untuk penyempurnaan pada tahun-tahun berikutnya.
B.     Saran
Pembaca yang sempat mencermati kurikulum SMA Negeri 1 Sukawati ini, dimohonkan kritik dan sarannya. Semua kritik dan saran yang pembaca sampaikan merupakan penyempurnaan bagi dokumen ini.
Analisis Silabus dan RPP
1.      Pengertian  Silabus dan RPP
Silabus dapat didefinisikan sebagai garis besar, ringkasan, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran. Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari SK dan KD yang ingin dicapai serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai SK dan KD. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pembelajaran dengan tema tertentu yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.
Isi dalam RPP hampir sama dengan Silabus karena RPP sendiri disusun dari Silabus. Dalam Silabus dijabarkan :
a.       SK, yang merupakan tujuan umum pembelajaran.
b.      KD, tujuan khusus pembelajaran.
c.       Indicator, pencapaian dari KD dan digunakan untuk melakukan penilaian.
d.      Materi pokok, alat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
e.       Pengalaman pembelajaran, pencapaian point- point yang ada dalam tujuan pembelajaran.
f.       Alokasi waktu, durasi yang diperlukan.
g.      Sumber belajar, pedoman- pedoman yang digunakan dalam proses eksplorasi.
h.      Penilaian.
Dalam RPP, materi pembelajaran lebih detail dan terdapat metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, dimana   langkah-langkah kegiatan tidak mutlak harus berjalan sesuai dengan yang sudah ditetapkan dalam RPP.
Dapat kami simpulkan bahwa kurikulum, silabus dan RPP merupakan satu kesatuan yang memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan pendidikan baik intern sekolah maupun skala nasional. Di dalam kurikulum, silabus dan RPP juga harus terjadi kesinambungan dan visi, misi, tujuan dan juga SK, KD dan tujuan  harus sesuai satu sama lain, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan secara tidak langsung kita dapat lebih meningkatkan pendidikan di Indoensia.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar