I.
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Undang-Undang
Republic Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
Peraturan Pemerintah Republic Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan
dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP).
Untuk
memenuhi amanat Undang-Undang tersebut di atas dan guna mencapai tujuan
pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada
khususnya, SMA Negeri 1 Sukawati sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah
memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Dalam dokumen ini
dipaparkan tentang Kurikulum SMA Negeri 1 Sukawati yang secara keseluruhan
mencakup :
1.
Struktur dan Muatan Kurikulum;
2.
Beban belajar peserta didik;
3.
Kalender Pendidikan;
4.
Silabus;
5.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP).
B.
Tujuan Pengembangan KTSP
Tujuan
penegmbangan kurikulum SMA Negeri 1 Sukawati untuk menuju Sekolah Kategori
Mandiri dan sekaligus berancang-ancang menuju Rintisan Sekolah Bertaraf
Internasional.
C.
Landasan
1.
Undang-Undang
No. 20 tahun 2003
2.
Peraturan
Pemerintah Nomor 19 tahun 2005
3.
Permendiknas
Nomor 22 tahun 2006
4.
Permendiknas
Nomor 23 Tahun 2006
5.
Permendiknas
No. 24 tahun 2006
6.
Permendiknas
Nomor 41 tahun 2007
7.
Permendiknas
Nomor 24 tahun 2007
8.
Permendiknas
Nomor 19 tahun 2007
9.
Permendiknas
Nomor 20 tahun 2007
D.
Acuan Operasional
Acuan
Operasional yang digunakan sebagai pedoman penyusunan KTSP SMA Negeri 1
Sukawati adalah sebagai berikut :
1.
Peningkatan
iman dan taqwa serta akhlak mulia
2.
Peningkatan
potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan
peserta didik
3.
Keragaman
potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
4.
Tuntutan
pembangunan daerah dan nasional
5.
Tuntutan
dunia kerja
6.
Perkembangan
ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
7.
Agama
8.
Dinamika
perkembangan global
9.
Persatuan
nasional dan nilai-nilai kebangsaan
10. Kondisi sosial budaya masyarakat setempat
11. Kesetaraan gender
12. Karakteristik satuan pendidikan
13. Berdasarkan analisis konteks
E.
Prinsip Pengembangan Kurikulum
1.
Berpusat
pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya.
2.
Beragam
dan terpadu.
3.
Tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4.
Relevan
dengan kebutuhan kehidupan .
5.
Menyeluruh
dan berkesinambungan.
6.
Belajar
sepanjang hayat.
7.
Seimbang
antara kepentingan nasional dan daerah.
II.
TUJUAN PENDIDIKAN
A.
Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan
Pendidikan Nsional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.
B.
Tujuan Pendidikan Menengah
Tujuan
pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,
akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut.
C.
Visi dan Misi
1.
Visi SMA Negeri 1 Sukawati adalah unggul
dalam prestasi dan disiplin, berwawasan global, berpijak pada budaya Bali dan
Karakter Bangsa.
Indikatornya
:
a. Siswa
yang taat menjalankan ajaran agama, bermoral dan berbudi pekerti luhur.
b. Siswa
yang setia dan taat pada bangsa dan Negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD
1945.
c. Siswa
unggul dalam prestasi akademis dan non akademis.
d. Siswa
memiliki rasa kesetiakawanan dan kepedulian tinggi terhadap alam dan lingkungan.
e. Siswa
unggul dalam kreativitas seni budaya demi keajegan Bali.
f.
Siswa unggul dalam disiplin di sekolah,
keluarga dan di masyarakat.
g. Siswa
memiliki rasa tanggung jawab, rasa berpartisipasi dan rasa memiliki terhadap
almamater.
2.
Misi SMA Negeri 1 Sukawati
a.
Meningkatkan
prestasi akademik lulusan
b.
Meningkatkan
prestasi extra kurikuler peserta didik
c.
Meningkatkan
kedisiplinan peserta didik
d.
Menumbuhkan
minat baca peserta didik
e.
Meningkatkan
wawasan global peserta didik
f.
Melaksanakan
program trias UKS untuk meningkatkan kualitas kesehatan peserta didik
g.
Membentuk
peserta didik berbudi pekerti luhur berbudaya Bali
h.
Meningkatkan
kemampuan peserta didik dalam berbahasa inggris dan bahasa asing lainnya
i.
Meningkatkan
kepedulian peserta didik terhadap kelestarian lingkungan hidup
j.
Mengembangkan proses pembelajran yang
kreatif, efektif, dan inovatif sesuai kurikulum dan kebutuhan SDM untuk
kemajuan masyarakat.
k.
Menerapkan azas demokrasi baik dalam
proses pembelajaran maupun manajemen sekolah.
l.
Menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa
dalam penguasaan teknoligi informasi dan komunikasi.
m.
Meningkatkan jalina kerjasama sekolah
dengan masyarakat lingkungan.
n.
Menumbuhkembangkan penghayatan dan
pengamalan ajaran agama.
o.
Menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap warisan seni budaya.
p.
Menumbuhkembangkan rasa kepedulian
social dan menjaga kelestarian alam dan lingkungan.
q.
Menumbuhkembangkan rasa memiliki, rasa
berpartisipasi dan rasa bertanggung jawab terhadap eksistensi almamater SMA
Negeri 1 Sukawati.
D.
Tujuan Sekolah
Bertitik tolak dari
visi dan misi serta factor pendukung, maka sampai tahun 2011 diharapkan
tercapainya :
1.
Rata-rata nilai akhir ujian nasional
2.
Proporsi lulusan yang diterima di PTN
favorit minimal 40% dari siswa yang mengikuti UMPTN.
3.
Dapat mengirimkan Karya Tulis Ilmiah
setiap tahunnya.
4.
Mempunyai kelompok penggermar mata
pelajaran MIPA, Astronomi, Ekonomi Akuntansi, Bahasa Inggris, dan Informatika.
5.
Memiliki tim olahraga yang handal.
6.
Memiliki tim kesenian yang mampu tampil
pada lomba di tingkat provinsi.
7.
Memiliki tim jurnalistik yang tetap siap
bersaing di tingkat Provinsi.
8.
Hubungan harmonis antar warga sekolah
dengan warga sekolah dengan masyarakat.
9.
Rasa hormat-menghormati antar sesame
warga sekolah dan masyarakat.
10.
Disiplin terhadap tugas dan kewajiban
oleh setiap warga sekolah.
11.
Terwujudnya nilai-nilai moral sesuai
dengan kultur sekolah.
12.
Pada tahun 2011-2012, 25% lulusan mampu
bercakap-cakap dalam Bahasa Jepang, Mandarin dan Prancis.
13.
Menciptakan kondisi sarana prasarana
pembelajaran yang kondusif.
14.
Terwujudnya kelas rintisan Sekolah Kategori
Mandiri.
15.
Terwujudnya warga sekolah yang sehat.
16.
Terwujudnya warga sekolah yang peduli
terhadap kelestarian lingkungan.
17.
Memilik tenaga pendidik yang berwawasan
inovatif baik dalam pembelajran maupun pengembangan profesi sebagai bentuk
peningkatan profesionalisme guru.
E.
Standar Kompetensi Lulusan
Untuk
mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara
nasional, kegiatan pembelajaran di sekolah mengacu pada Standar Kompetensi
Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP.
F.
Sasaran Program
Kepala
sekolah dan para guru serta dengan persetujuan Komite Sekolah menetapkan
sasaran program, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Sasaran
program dimaksud untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Sasaran program
tersebut selanjutnya ditingaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib
dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah.
G.
Keadaan dan Potensi Sekolah
1.
Lingkungan Sekolah
SMA
Negeri 1 Sukawati terletak di wilayah Bali pertengahan kecamatan Sukawati,
Kabupaten Gianyar tepatnya di jalan Lettu Wayan Sutha Sukawati. Letaknya sangat
strategis dan merupakan Sekolah Menengah Atas nomor tiga yang dibangun di
Kabupaten Gianyar
2.
Keadaan Sekolah
Sarana
dan Prasarana
a. Tanah
dan halaman
b. Gedung
c. Tempat
Ibadah
d. Kantin
e. Parker
f. Lapangan
Upacara/basket
3.
Anggaran Sekolah
Anggran sekolah berasal
dari dana pemerintah (RUTIN, BOMM, BIS, dan lain-lainnya).
4.
Personil Sekolah
SMA
Negeri 1 Sukawati telah didirikan sejak tahun 1987. Pimpinan sekolah yang
bertugas dari 2011-sekarang adalah Drs. Gusti Made Puja Armaya, MM, M.Pd.
jumlah personil sekolah ada sebanyak 99 orang, terdiri atas 71 orang tenaga
pendidik dan 28 tenaga kependidikan.
5.
Keadaan Peserta Didik
a. Jumlah
peserta didik
Jumlah peserta didik pada tahun
pelajaran 2011-2012 seluruhnya berjumlah 837 orang
b. Keadaan
tidak naik kelas, putus sekolah/drop out dan beasiswa
6.
Orang Tua Peserta Didik
Keadaan
ekonomi peserta didik sangat bervariasi.
7.
Kerja Sama Sekolah
a. Kerja
sama dengan orang tua.
b. Kerja
sama dengan alumni.
8.
Prestasi Sekolah( bidang akademis dan
nonakademis).
9.
Tata tertib sekolah
a. Tata
tertib siswa
b. Tata
tertib guru
c. Tata
tertib pegawai
d. Tata
tertib lab IPA, multimedia, perpustakaan dan UKS.
III.
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A.
Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum SMA
Negeri 1 Sukawati memuat kelompok mata pelajaran sebagai berikut :
1.
Kelompok
mata pelajaran agama dan akhlak mulia
2.
Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3.
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
4.
Kelompok
mata pelajaran estetika
5.
Kelompok
mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
a.
Struktur Kurikulum Kelas XI
1.
Kurikulum kelas XI, terdiri atas :
a. Untuk
semua program terdapat 13 mata pelajaran.
b. Bahasa
asing untuk semua program adalah bahasa Prancis.
c. Muatan
local (Bahasa Daerah Bali dan Budi Pekerti)
d. Program
pengembangan diri( dikembangkan lewat ekstrakulikuler).
2.
Penambahan jam pembelajaran diatur
sebagai berikut :
a. Untuk
semua program ditambah 2 jam pelajaran untuk muatan local, budi pekerti dan PLH
monolitik.
b. 1
jam ditambahkan pada mata pelajaran Matematika, Geografi, Antropologi yang
berdasarkan hasil analisis Standar Isi masing-masing mata pelajaran.
3.
Alokasi waktu satu jam pembelajran
adalah 45 menit.
4.
Jumlah beban belajar kelas XI dalam satu
semester adalah 42 jam pelajaran.
B.
Muatan Kurikulum
1.
Mata pelajaran, mata pelajaran terdiri
dari mata pelajran wajib dan mata pelajaran pilihan.
Pembelajaran
dilaksanakan dalam suasana yang efektif dan efisien. Metode pembelajaran
diarahkan berpusat pada peserta didik. Pencapaian kompetensi secara
kontekstual.
2.
Muatan Lokal, muatan local yang dipilih
adalah Bahasa Daerah Bali.
3.
Kegiatan Pengembangan Diri(
ekstrakulikuler)
4.
Pendidikan Kecakapan Hidup
5.
Beban Belajar ( 42 jam pelajaran)
6.
Ketuntasan Belajar
7.
Penjurusan ( IPA, IPS dan ILmu Bahasa)
8.
Kenaikan Kelas dan Kelulusan
9.
Penilaian ( assessment)
10.
Penerimaan Peserta Didik Baru
11.
Mutasi Siswa
IV.
KALENDER PENDIDIKAN
Kalender
pendidikan disusun dan disesuaikan setiap tahun oleh sekolah untuk mengatur
waktu kegiatan pembelajaran yang mengacu pada Standar Isi dan disesuaikan
dnegan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan
masyarakat, serta ketentuan dari pemerintah daerah.
A.
Permulaan Tahun Pelajaran
Permulaan
tahun pembelajaran dimulai pada hari Senin minggu ketiga bulan Juli. Hari-hari
pertama masuk sekolah berlangsung 3 hari dengan pengaturan:
a.
Kelas X melaksanakan MOS
b.
Kelas XI melaksanakan kegiatan
penyelamatan lingkungan
c.
Kelas XII melaksanakan kegiatan
penyelamatan lingkungan dan menerima sosialisasi PT.
B.
Waktu Belajar
Waktu
belajar menggunakan system semester yang membagi 1 tahun pelajaran menjadi
semester genap dan semester ganjil. Kegiatan pembelajaran intrakulikuler
dilaksanakan selama 6 hari.
C.
Kegiatan tengah semester
a.
Kegiatan tengah semester 1 direncanakan
selama 4 bulan (studi banding).
b.
Kegiatan tengah semester 2 diisi dengan
kegiatan “ngayah” kerja bakti di pura-pura terdekat.
c.
Pelaksanaan kegiatan tengah semester
sesuai dengan kalender pendidikan.
d.
Libur sekolah, penentuan hari libur
memperhatikan ketentuan berikut :
-
Keputusan Menteri Pnedidikan Nasional,
dan/ atau Gubernur Bali dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan.
-
Peraturan Pemerintah
Pusat/Privinsi/Kabupaten dalam hal penetuan hari libur umum/nasional atau
penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan.
D.
Rencana dan Jadwal Kegiatan
E.
Perkiraan Libur Umum Nasional dan Khusus
Tahun Pelajaran 2011-2012
F.
Perhitungan hari belajar efektif dan
hari libur tahun pelajaran 2011-2012
G.
Kalender Pendidikan SMA Negeri 1
Sukawati
V.
Penutup
A.
Simpulan
Kurikulum
SMA Negeri 1 Sukawati disusun berdasarkan petunjuk yang ad dalam ketentuan
BSNP. Semua yang terdapat pada dokumen kurikulum SMA Negeri 1 Sukawati
merupakan potret rencana umum yang akan diwujudkan dalam satu tahun pelajaran,
kemudian dievaluasi pada tahun pelajaran berikutnya. Evaluasi terhadap proses
maupun hasil yang diperoleh merupakan fakta nyata untuk penyempurnaan pada
tahun-tahun berikutnya.
B.
Saran
Pembaca
yang sempat mencermati kurikulum SMA Negeri 1 Sukawati ini, dimohonkan kritik
dan sarannya. Semua kritik dan saran yang pembaca sampaikan merupakan
penyempurnaan bagi dokumen ini.
Analisis Silabus dan RPP
1. Pengertian Silabus dan RPP
Silabus
dapat didefinisikan sebagai garis besar, ringkasan, atau pokok-pokok isi atau
materi pelajaran. Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan
kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari SK dan KD yang ingin dicapai
serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai SK dan KD.
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pembelajaran
dengan tema tertentu yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana yang menggambarkan prosedur
dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.
Isi
dalam RPP hampir sama dengan Silabus karena RPP sendiri disusun dari Silabus.
Dalam Silabus dijabarkan :
a. SK,
yang merupakan tujuan umum pembelajaran.
b. KD,
tujuan khusus pembelajaran.
c. Indicator,
pencapaian dari KD dan digunakan untuk melakukan penilaian.
d. Materi
pokok, alat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
e. Pengalaman
pembelajaran, pencapaian point- point yang ada dalam tujuan pembelajaran.
f. Alokasi
waktu, durasi yang diperlukan.
g. Sumber
belajar, pedoman- pedoman yang digunakan dalam proses eksplorasi.
h. Penilaian.
Dalam
RPP, materi pembelajaran lebih detail dan terdapat metode pembelajaran,
langkah-langkah kegiatan, dimana
langkah-langkah kegiatan tidak mutlak harus berjalan sesuai dengan yang
sudah ditetapkan dalam RPP.
Dapat
kami simpulkan bahwa kurikulum, silabus dan RPP merupakan satu kesatuan yang
memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan pendidikan baik intern sekolah
maupun skala nasional. Di dalam kurikulum, silabus dan RPP juga harus terjadi
kesinambungan dan visi, misi, tujuan dan juga SK, KD dan tujuan harus sesuai satu sama lain, sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan secara tidak langsung kita dapat
lebih meningkatkan pendidikan di Indoensia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar